Oleh : HN. Suwito dan Adam Permasa [*].
————— Sejarah pembuatan pesawat terbang tidak lepas dari nama Wright bersauadara, Wilbur & Orville, yang memimpikan bahwa mereka dapat terbang di angkasa. Angan-angan kakak beradik tersebut, terinspirasi dari sebuah mainan pesawat model tenaga karet yang dibawa ayahnya, Bishop Milton Wright. Dari konsep yang sederhana itu, akhirnya berkembanglah teknologi tenaga penggerak pesawat terbang yang ada di dunia saat ini.—
Adalah seorang ilmuwan kebangsaan Perancis bernama Alphonse Penaud, pada tahun 1871, secara mengejutkan anggota dari French Academy of Sciences dapat menerbangkan pesawat tenaga karet sejauh 131 kaki. Pesawat model yang diberi nama planophone ini tercatat sebagai penerbangan yang pertama dari suatu kestabilan alamiah pesawat model yang lebih berat daripada udara. Tentu hal ini se-buah penemuan paling penting yang menuntun pada penemuan-penemuan selanjut-nya tentang konsep penggerak pesawat terbang.
Setelah melihat demonstrasi pesawat tenaga karet yang ditunjukkan Penaud, seorang produsen mainan dari Perancis segera mengawali membuat mainan pesawat terbang tenaga karet. Salah satu mainan yang paling populer saat itu adalah heli-kopter tenaga torsi. Pesawat tenaga torsi juga menjadi mainan yang populer pada tahun 1800-an.
Dalam tahun 1878, Bishop Milton Wright membawa mainan pesawat tenaga karet ke rumah untuk anak lelakinya Wilbur (12 tahun) dan Orville (8 tahun) dan sejak saat itu-lah mereka mulai memimpikan terbang. Tahun demi tahun, mereka dengan gigihnya mengadakan percobaan – percobaan untuk mewujudkan mimpinya. Kedua kakak beradik tersebut dalam dunia penerbangan dikenal dengan nama Wright ber-saudara.
Melihat sejarahnya, sejak penemuan Alphonse Penaud di tahun 1871, dalam tempo 50 tahun berikutnya, pesawat tenaga karet yang kemudian dinamakan tenaga torsi dijadikan sebagai alat penelitian kunci bagi ahli aerodinamik. Pemakaian tenaga torsi oleh asosiasi industri pesawat terbang juga diijinkan untuk melaksanakan pengujian sejumlah konfigurasi pesawat mulai dari bidang terbang, kalayakan terbang tanpa harus membuat pesawat berukuran sesungguhnya.
Di tahun 1903, sebelum Wright bersaudara dapat menerbangkan pesawat pertamanya dengan mesin pengerak pesawat yang sesungguhnya, mereka membuat salinan pesawat model mainan tenaga karet untuk keponakannya.
Kemudian di tahun 1909, bangsa Amerika mencatat sebuah prestasi yang da-pat menerbangkan pesawat tenaga karet sejauh 200 kaki. Tahun 1916, ketika perang dunia pertama, Thomas Hall, sebagai anggota Illinois Model Aero Club dapat mener-bangkan sebuah model pesawat tenaga torsi sejauh 5337 kaki, lebih dari satu mil. Di- susul teman seklubnya, Robert V. Jaros, yang juga anggota dari Illinois Model Aero Club yang berhasil menerbangkan model sejauh 7920 kaki dalam tempo 10 menit dan 14 detik pada tahun 1942. Saat ini, pesawat model dalam kompetisi tingkat dunia, klas F1D dapat terbang lebih dari 40 menit.
PESAWAT TENAGA KARET
Apa itu pesawat tenaga karet ? Pesawat ini lazimnya sebuah pesawat terbang yang mempunyai sayap, ekor dan tenaga penggerak. Karena melihat tenaga peng-geraknya hanya sebuah karet (karet khusus), maka pesawatnya pun didesain sebatas model pesawat saja. Perhitungan teknisnya, tetap memakai kaidah aerodinamika.
Kegunaan pita karet dalam pesawat model ini berfungsi sebagai mesin peng-gerak. Penggerak pesawat tenaga karet dan pengetahuan motor torsi untuk model pesawat telah berkembang pada langkah yang menakjubkan seperti halnya mesin tenaga minyak maupun mesin jet pada pesawat sesungguhnya. Pengetahuan dasar tentang tenaga penggerak pesawat terbang kini mulai disosialisasikan dan dipraktek-kan di klub – klub aeromodeling. Misalnya di Bandung, sebuah perkumpulan aeromo-deling pernah menggelar lomba pesawat model tenaga karet yang diadakan di PTDI.
Performa sebuah pesawat model tenaga karet dapat dilihat dari lamanya terbang, kecepatan terbang, ketinggian terbang dan jangkauan terbangnya. Namun yang sering dilombakan adalah lamanya terbang atau endurance. Dari pemantauan perlombaan yang diadakan di PTDI, banyak ditemukan kasus – kasus pesawat model tenaga karet yang tidak stabil dan menghasilkan waktu terbang yang cepat yaitu kurang dari 30 detik. Misalnya, setelah pesawat dilepaskan dari tangan yang mener-bangkannya, pesawat langsung menghujam ke lantai disebabkan oleh ketidakstabilan pesawat. Artinya, karakteristik terbangnya mengakibatkan ketidak mampuan untuk mempertahan ketinggian terbang.
Ketidakstabilan pesawat terbang ini disebabkan banyak faktor yang dominan mempengaruhinya antara lain badan pesawat terbuat dari batangan kayu balsa yang ringan, tipis dan lentur, putaran karet yang berlebihan, posisi pusat gravitasi dan kombinasi dari pusat gaya aerodinamik pesawat.
PRINSIP KERJA
Sebuah pesawat dapat terbang karena memiliki gaya angkat yang dihasilkan oleh sayap pada kecepatan tertentu. Kecepatan ini tergantung dari berat pesawat yang telah ditetapkan sehungga menghasilkan daya dorong pesawat. Pada tingkat yang sangat sederhana, daya dorong tersebut bisa ditimbulkan oleh putaran karet yang terpasang.
Prinsip kerja tenaga karet yaitu pita karet dilipat menjadi empat dengan satu ujung belakang dikaitkan dengan pengait tetap dan ujung depan dikaitkan dengan sumbu propeler. Untuk menghasilkan tenaga, karet ini diputar sesuai desain model pesawatnta dan kemudian dilepaskan guna memutar propeler. Putaran propeler ini menghasilkan daya untuk mendorong pesawat bergerak ke depan.
Harus hati-hati karena kebanyakan putaran menyebabkan ketegangan karet yang dapat membuat badan pesawat menjadi lengkung. Lengkungan badan pesawat mengubah sudut bidang kendali horisontal dan vertikal. Putaran karet ini sebagai tenaga kinetik yang disimpan menjadi energi potensial atau elastic potential energy, dan merubah energi potensial ini menjadi energi kinetik yang memutar propeller.
Cara melepaskan, pegangan tangan pada fuselase pesawat harus diatur se-saat setelah pegangan propeller juga dilepas. Karena waktu yang tepat untuk melepas pesawat akan menghasilkan gerakan pesawat yang halus dan menanjak sampai ketinggian tertentu selanjutnya diikuti oleh gerakan terbang mendatar dan berputar atau holding dengan sisa putaran karet yang ada. Kekeliruan dalam tahap trimming atau penyetelan keseimbangan terbang, memungkinan pesawat akan mem-punyai berat di depan atau heavy forward, berat belakang atau heavy aft atau terbang dengan sudut serang makin lama makin besar dan mencapai kondisi stall. Ketika pesawat dalam kondisi stall, selanjutnya pesawat akan kehilangan gaya angkat dan menimbulkan gaya hambat yang sangat besar sehingga memperlambat kecepatan gerak dan pesawat akan jatuh ke bawah tak terkendali. Ada juga pesawat yang jika mengalami stall, pesawat secara alamiah mengendalikan dirinya sendiri untuk re-covery sehinga pesawat tetap dapat melanjutkan terbang holding.
Penyetelan kondisi keseimbangan longitudinal dan lateral direksional perlu dilakukan dengan cara mengubah sudut bidang kendali belakang baik bidang horiso-ntal maupun vertikal dan menambah beban keseimbangan seperlunya. Kondisi ke-seimbangan yang optimum akan ditunjukkan oleh pesawat yang dapat terbang meng-hindari stall, terbang menanjak secara perlahan.
Karakteristik tenaga karet yang dihasilkan oleh putaran dibagi menjadi dua. Bagian pertama tenaga awal yang digunakan untuk terbang menanjak dan bagian kedua disebut sebagai residu putaran digunakan untuk terbang holding.
KATAGORI
FAI (Federation Aeronatique Internationale) mengkategorikan pesawat model tenaga karet ini sebagai pesawat model terbang bebas atau free flight. Yan Fajar Azwar dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) mengartikan terbang bebas sebagai penerbang tidak memiliki kemampuan untuk mengendalikan pesawat atau model setelah terlepas dari penerbangnya. Pesawat model tersebut terbang sesuai dengan karakter alamiahnya dengan tenaga yang ada.
Selain itu FAI menyebutkan pesawat model dengan kendali kawat atau control line, remote control, scale model pesawat diproduksi mengikuti bentuk yang di-skalakan dan merupakan replika, electric model sebagai pesawat model bermesin dengan sumber tenaga listrik.
Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan jenis pesawat model yang di-kendalikan secara otomatis dengan autonomous equipment. Perkembangan model pesawat ini sangat cepat terutama di Amerika, Eropa dan negara lainnya. Konon pesawat UAV pernah digunakan untuk keperluan militer ketika Amerika serikat menyerbu Irak. Sisi lain kelebihan pesawat UAV ini adalah dirancang untuk mampu terbang lama hingga mencapai 40 jam selain dapat membawa payload cukup besar hingga 30 kilogram.
Perkumpulan bagi penggemar aeromodelling ini banyak diadakan oleh suatu lembaga tertentu. Misalnya, Perusahaan Boeing memiliki wadah yang menampung kegiatan penggemar aeromodelling bagi karyawannya dan umum yang dinamakan BEAMS (Boeing Employees’ Aerodynamic Modeling Society). Pada tanggal 18 Maret 2006, BEAMS menyelenggarakan kompetisi yang ke-12 bagi masyarakat umum dengan menggunakan hangar tertutup Boeing 747 selama sehari penuh.
Bagi masyarakat Bandung penggemar pesawat model, kegiatan ini dapat di-ikuti jika pembaca Harian Pikiran Rakyat mau bergabung dengan klub Dirgantara Aero Models Club (DAMC) yang dikoordinir Karyawan PTDI. ***
mohon dibuatkan tutorial mengenai detil pembuatan pesawat bertenaga karet ini, dengan demikian banyak orang yang akan mengenal dan ikut mengembangkan kegiatan semacam ini…
tutorial berupa workshop kemungkinan akan diselenggarakan jika banyak permintaan dari peserta
waktunya diatur sekitar seminggu sebelum lomba namun kepastiannya harus menunggu koordinasi dari panitia…untuk sementara ini guna mengenalkan cara pembuatan peserta dapat mendownload contoh materi workshop pada halaman download…atau kunjungi link situs di blogroll sebelah kanan halaman ini…terimakasih
kk tolong di buatjan workshop pembuatan rubber power donk dan ,, cara pembuatan pesawat aeromodelling yang lengkap + sayap yang airfoil…
aku butuh cara penghitung sayap/aerofoil
Ping-balik: teknologi « gabriellmanurung’s Blog
maaf, saya ingin bertanya…
rekor terbang ruber power terlama berpa menit ya???
sejauh ini 15 menit 36 detik…
dicetak pada pertandingan lokal mei 2009 🙂
bisa dilihat di artikel sesudah ini.
Terima kasih
maaf, saya ingin bertanya…
rekor terbang ruber power terlama berpa menit ya???
di indonesia sendiri paling lama berapa lama pesawat karet ini terbang??
boleh juga tu pak,tolong dong bikinin turoial pembuatan pesawat karet dan detil dari scale model pesawat,trima kasih sebelumnya..
ok………………apa boleh mengetahui demensi ukuran dan cara pembuatan, baik dari meteri, and sebagainya sampai bisa terbang
kalo itu dikembangkan sampai pesawat yang bisa dikendalikan dengan radio apa memungkinkan …… kalo ia mengapa tidak …..saya mohon dengan sangat semoga prosesi pembuatan pesawat …..di publikasikan trim’s sesudahnya ……….
untuk prosesi pembuatan, nanti akan diberi link-nya.. harap bersabar yaaa 🙂
kalau sampai dikembangkan dengan radio kontrol, saya rasa agak berbeda jenisnya…
kira-kira biaya untuk bikin satu pesawatnya berapa ya? trus desain blue print-nya bisa lihat dimana?Thx B4
pesawatkaret
cara pembuatan bisa dilihat di link download, ada yang bentuknya power point dan bisa di download.
biaya-nya ga sampai 50 ribu, hanya saja sejauh ini karetnya masih import. Kalau mau pesan karet, bisa hubungi kami.
Terima kasih sudah mampir
untuk mendapatkannya bikin atau beli?
dankalo beli di mana ya,daerah jakarta?
kalau harga karet untuk pesawat berapa ya?
dan kalau di indonesia apa nggak ada toko yang menjual? thx.
permeter 6000-an, tergantung tebalnya…
kami disini menjual sich.. kalo berminat bisa..
saya mau pesan karet untuk pesawat. 5 meter saja. bagaimana prosedurnya
trm kasih
mas.nanang@rocketmail.com
Alamatnya di mana ya, saya tinggal di lembang
cantumkan nomor yang bisa di hubungi,,soalnya saya mau beli pesawat rubber juga..tapi yang sudah jadi….tengkyuu
beli propeler ma karetnya kalo boleh tau dmana y?
terima ksh
beli karet dan propelernya di mana y kalo boleh tau?alamat tau no telepn yg bs dhubungi….terima kasih
aku ingin bisa membuat dan memiliki pesawat model bertenaga karet, namun bahan terutama karetnya aku kesulitan memperolehnya. Mohon dengan hormat berkenan bantuannya . Aku sudah memiliki pesawat model (RC) jenis “Wing Dragon” dengan tenaga motor / dinamo.
Terimakasih, semoga informasi anda berguna bagi saya dan aeromedelling di daerah kami umumnya.
salam kenal saya pengemar baru pesawat dengan tenaga karet minta diagram dan ukuranya trim…..
tolong skema pesawat karet nya di perlihatkan
terima kasih
skema pesawat karetnya bisa dilihat di halaman download, terima kasih
kalau saya mau beli karetnya, hubungi kemana?
Bagi yang cari kayu BALSA di Bandung, bisa dibeli di sini :
************************************************
Irisfone, Metro Indah Mall UG / A5 – 10.
Jl. Soekarno Hatta Kav 590
Margahayu Raya, Bandung
Telp 022-91879987
************************************************
Info :
untuk Bandung dan sekitarnya, kayu balsa lembaran bisa dibeli di :
Lokasi toko :
Irisfone,
Metro Indah Mall
Lantai UG / A5 – 10
Jl. Soekarno Hatta, Kav. 590
Margahayu Raya
Bandung, Jawa Barat
Telp : 022 – 91879987
SMS : 081- 802061518
Terima kasih
kalo pesan langsung jadi dgn gmbr home itu brapaan ya mas..>?
apa saja macam2 pesawat model yang untuk penelitian dan percoba’an
Pak saya saya mau pesan karet untuk pesawat model, soale saya masih pakai karet gelang, bisa terbang tapi ga lama. mohon infonya. terima kasih
Oh ya sejauh ini saya juga kesulitan cari kawat baja, kalau ada saya juga mau pesan… tks
wah ruber power nya sangat berfariasi dan sangat bagus sekali sangat fariatif….untuk lbh knal dgn kami mari knjungi web kami di http://www.bantulcraft.com atau k email kami di info@bantulcraft.com
saya punya kayu balsa banyak, hub saya 081944908449
saya ingin tahu, bgaimana langkah2 mebuat pesawat tenaga karet tersebut, karena sy sudah mencoba beberapa kali tetapi gagal, mohon saya di beritahu langkah-langkahnya..
terimaksih banyak
bisa klik bagian ‘DOWNLOAD’ di blog ini. disana di share cara membuatnya 🙂
mas kalo di daerah gianyar, bali dimana ada jual kayu balsa lembaran….???
Pak, saya tertarik dengan pesawat model karet, saya ingin mencoba alat tersebut, di Jakarta apakah ada?thank you
Untuk membeli kayu balsa, propeller, dan karet untuk pesawat rubber powered bisa didapatkan di :
http://kayubalsa.com/LAIN%20LAIN.htm
salam
Wah.., oke juga ni.
saya suka dengan cara pembuatannya
apakah alat dan bahan tersebut mudah dicari???
saya dan kelompok punya tugas membuat pesawat
kami cukup bingung
saya harap anda bisa membantu kami
terima kasih
ok,dmna toko yg jual lengkap bahan2 trsebut dibandung?
hallo,
hampir semua kebutuhan untuk hobby ini tersedia di :
http://www.kayubalsa.com
tks
untuk memperdalam…
ok di mana tempat jualnya yang lengkap di palembang
ad plan x g?low da aq mnta
BUNG, KALO MAU BUAT PESAWAT MAINAN SENDIRI SKEMANYA GIMANA YA? DAN BAGAI MANA CARANYA BIAR HASILNYA MAKSIMAL KALO BIKIN SENDIRI.
Mana cara membuatnya?-_-
lah kaka gak bisa ya
masa kk kallah ama SAya
Halo semua,
Koleksi bahan pembuatan pesawat rubber powered semakin lengkap di toko kami. kunjungi http://www.kayubalsa.com
atau datang sendiri ke toko kami di Bekasi.
Alamat toko kami :
KAYUBALSA.COM
JL. RAYA PEKAYON JAYA NO : 50
Sebelah Utara Masjid Raya AT-TAQWA
BEKASI
E-mail :
deghazbalsa@yahoo.co.id
Call atau SMS : 0856 9 178 1777
mohon info karet dan propeller di bandung…please…tks
kunjungi saja link web ini
http://mirp.net/index.php?main_page=product_info&cPath=16_28&products_id=437
lokasi di perumahan permata hijau Cimahi
kalo nyari kawat piano selain di toko aeromodeling, dimana lagi ya..
lok tuk buat mesin aeromodeling gie mn y mas….?
mksh mas sblumnya.
materialnya apa2 aja seh? tks
keren abiz
ini belinya dimana?
saya sangat berminat untuk bergabung di klub ini…!!!
untuk menjadi anggota di klub ini bagaimana caranya…??? Tq
kapan ada acara workshop dan kompetisi lagi?
bisa pesan gak cara buat n bahan2 nya utk daerah padang?
kalo nyari polyfoam 3mm yang lembaran 1×1 m di wilayah bandung, dimana ya…mohon infonya donk…tks
kang aku dari lampung timur ni gmana cranya bikin pesawt karet dn bhan bahannya mahal gak? skalian sma skma pembuatannya…buat belajar dan untk di kembangkan di lampung timur karna di sini belum ada sma sekali trima kasih..imam di lampung timur
Izin Sharing CARA MEMBUAT PESAWAT TENAGA KARET di
http://pesawatmodelkaret.blogspot.com
Hanna Balsa Aircraft
“Mencoba Terbang Tanpa Menghabiskan Banyak Biaya”
Kang Kayu Balsa Sama Gak Ya Kaya Kayu Es Krim…? Tolong Informasinya Trimakasih…
broo saya baru 12 tahun dah bisa membuat pesawat rc di bandung aeromodeling
saya bisa membuat pesawat RC dari kayu balsa ENGINE SERVO pokoknya bisa deh semua saya bisa mulai dari F-16 cessna hercules DAn lain lain mau pun mustang saya bisa SAYA BARU KELAS 6 A rahayu6 kec margaasih arah soreang CCI alamat sekolah saya
dan saya WAKTU hari senin saya DAH ikut lomba MAIN PESAWAT JUARA 1 di AEROMODELING
hehehe TERBAIK
wow
mohon info properti 7″” cocoknya pake ukuran karet brp soale ak pake ukuran 3/16 tenaga kurang pake 2 stread over power pswt twist